Website DP3AP2KB Sumatera Barat e-mail : dpppa@sumbarprov.go.id
Pengumuman

Peringatan HAN dan Harganas Tingkat Provinsi Sumatera Barat


28 Juli 2022 12:02:26 WIB
158 Hits
Peringatan HAN dan Harganas Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Peringatan HAN dan Harganas Tingkat Provinsi Sumatera Barat

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) merupakan momentum penting untuk menggugah kepeduliaan dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemnuhan hak anak yang bertujuan sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa sehingga berdampak terhadap Ketahanan Keluarga dan terwujudnya Provinsi Layak Anak (PROVILA) 2028 dan Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.

Peringatan HAN dan Harganas Tingkat Provinsi Sumatera Barat dilaksanakan secara bersamaan pada tanggal 25 Juli 2022 bertempat di Aula Kantor Gubernur dengan mengangkat tema HAN tahun ini adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dan tagline #PeduliPascaPandemiCovid 19 dan tema Harganas ke 29 ”Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”.
Dalam sambutan Bapak Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi berpesan “Anak adalah masa depan bangsa, masa depan negara dan masa depan keluarga.
Momen peringatan hari anak ini, maka semua kita harus memberikan perhatian yang terbaik untuk anak-anak kita. Berikanlah niat terbaik kita, berikanlah waktu terbaik kita, berikanlah uang terbaik dan berikanlah semangat terbaik kita untuk anak-anak kita.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Provinsi Sumatera Barat, dalam laporannya berpesan “ arti penting peringatan Harganas dan HAN untuk menggugah kepedulian dan menjamin pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa yang pada akhirnya akan berdampak pada ketahanan keluarga, mendorong menurunnya angka stunting dan angka perkawinan anak Ketika kita memberikan yang terbaik untuk anak-anak kita, insyAllah kita akan menghadirkan kerluarga terbaik, negara terbaik dan bangsa terbaik. Itulah makna dari Hari Anak Nasional dan Hari Keluarga Nasional.” dengan peserta sejumlah 560 orang yang terdiri dari forum anak, forum genre dan perwakilan dari sekolah tingkat PAUD, SD/MI, SMP/MTsN, SMA/SMK/SLB/MAN dan anak-anak disabilitas.

Adapun rangkaian kegiatan dalam memeriahkan peringatan HAN dan Harganas ini antara lain penilaian Kabupaten/Kota Layak Anak dan Penghargaan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Pemilihan Duta ASN Informan Program KKBPK (ASIK), Lomba Cerita Inspiratif, Lomba Video Inspiratif, Lomba Cerita Inspiratif dan Twibbon Challenge yang diikuti oleh anak-anak kita Sumatera Barat.