Website DP3AP2KB Sumatera Barat e-mail : dpppa@sumbarprov.go.id
Pengumuman

DP3AP2KB Prov. Sumbar menggelar Rapat Koordinasi Tim Penanganan ABH


18 Juni 2022 08:14:13 WIB
27 Hits
DP3AP2KB Prov. Sumbar menggelar Rapat Koordinasi Tim Penanganan ABH

DP3AP2KB Prov. Sumbar menggelar Rapat Koordinasi Tim Penanganan ABH

Peraturan Pemerintah no 8 tahun 2017 yang merupakan peraturan palaksana dari UU no 11 tahun 2012 ttng Sistem Peradilan Pidana Pada Anak (SPPA) Telah mengatur tentang tata cara pelaksanaan koordinasi, evaluasi dan Pelaporan SPPA .
Untuk menjamin terlaksananya pelaksanaan SPPA tersebut secara Terintegrasi, Terpadu dan Holistic di Provinsi Sumatera Barat telah dibentuk Tim Koordinasi Penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) melalui SK Gubernur Nomor 463-78-2022 tanggal 4 Februari 2022, Hari ini Jumat 17 Mei 2022 Dinas P3AP2KB Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan rapat Koordinasi Tim Penanganan ABH di Ruang Pertemuan Dinas P3AP2KB Provinsi Sumatera Barat Lt 3, acara ini dibuka oleh kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi Sumbar yang di wakili oleh Kepala Bidang Perlindungan Hak Perempuan dan Anak ibu Rosmadeli, SKM, M. Biomed, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kasus kekerasan terhadap anak sudah sangat mengkuatirkan dan perlu kepedulian kita semua sebagai pengemban amanah untuk melindungi Anak bangsa. Kita perlu duduk bersama, berkoordinasi dan bersinergi sehingga upaya Perlindungan dan pemenuhan Hak anak dapat terwujud terutama terhadap anak berhadapan dengan hukum, Proses Diversi yaitu dimana penyelesaian kasus ABH diluar pengadilan menjadi suatu hal yang harus kita wujudkan sesuai dengan amanat UU Nomor 11 Tahun 2012 tentang SPPA . Tampak hadir dalam Pertemuan ini unsur dari Pengadilan Tinggi, pengadilan negeri, Polda, Komnas HAM, Kementerian Agama, LKAAM, Baznas, Bundo Kanduang, P2TP2A , Bapas, LPKA, LPKS, UPTD PPA, Sakti Peksos, dan beberapa OPD terkait
Pada pertemuan ini juga di evaluasi pelaksanaan penanganan ABH oleh Lembaga terkait dan pengisian Aplikasi SIMEP. Urgensi aplikasi SIMEP KPAI ini adalah untuk memotret kinerja dan capaian pelaksanaan perlindungan dan pemenuhan hak anak di Provinsi Sunbar. Hasil evaluasi melalui aplikasi SIMEP Ini nanti akan menjadi masukan untuk pemberian Penganugerahan KPAI Award tahun 2022 untuk Pemda Provinsi Sumbar. Diakhir sambutannya Kabid PHPA meminta lembaga terkait agar aktif dan kontiniu mengisi apkikasi ini.