Website DP3AP2KB Sumatera Barat e-mail : dpppa@sumbarprov.go.id
Pengumuman

DP3AP2KB Prov. Sumbar Jadikan SMKN I Lubuk Sikaping Model SRA


21 September 2021 19:17:43 WIB
56 Hits

DP3AP2KB Prov. Sumbar Jadikan SMKN I Lubuk Sikaping Model SRA

DP3AP2KB Sumbar Jadikan SMKN I  Lubuk Sikaping Kab. Pasaman Model SRA

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Prov. Sumbar diwakili oleh Kepala Bid. PHA, ( Dra. Sumarni.MPH), kasi PAPKK (Nelwetis SKM. MPH) bertindak sebagai narasumber, dihadiri oleh Kabid, Kasi  PPPA Kab.  Pasaman, dengan jumlah peserta sebanyak 14  terdiri dari satuan pendidikan, tenaga pendidik, komite dan ketua Osis. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah SMKN I  Lubuk Sikaping dalam acara Bimtek, sosialisasi Sekolah Ramah Anak di Aula  SMKN  I  Lubuk Sikaping  ( 21/09/2021)

Dalam paparannya Sumarni mengatakan  "Anak menurut  UU No 35 th 2014.  Ttg Perlindungan Anak  , Anak adalah yg ber usia 0 termasuk yg dalam kandungan  sampai 18 th kurang satu hari
Kab. Pasaman telah merahi peredikat  Kota Layak Anak yang  berada di Tingkat  Pratama 

prinsip  prinsip KHA  : non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hidup tumbuh dan berkembang dan partisipasi suara anak 

Moto SRA: anak senang, guru tenang ,orang tua bahagia,
SRA adalah merupakan satuan pendidikan baik formal maupun non formal, yang mampu memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus bagi anak termasuk mekanisme pengaduan utk penanganan kasus di satuan pendidikan. 

SRA ini merupakan perubahan paradigma dari yg mengajar saja penjadi pendidik
guru, orang tua bertanggung jawab kepada anak 
kondisi yg diharapkan dalam  SRA yaitu  BARISAN  : 
Bersih, Aman, Ramah, Indah,Inklusif, Sehat Asei dan Nyaman
fungsi SRA dalam Pencegahan :
anak sebagai korban pornogrfi, anak sbg korban NAPZA, anak dg pergaulan bebas, anak berhadapan hukum, anak korban stigmatisasi, anak korban jaringan radikalisme dn teroris, perkawinan Anak, Anak tidak memiliki Akte Kelahiran, Anak korban perlakuan salah dan penelantaran, anak dg perilaku sosial meyimpang.
SMKN I Pasaman dalam katagori SRA telah berada ditingkat MAU dan MAJU , (telah mengikuti sosilisasi dan bimtek) di terbitkan SK oleh tenaga pendidikannya setelah itu  mendeklarasikan SRA  ungkapnya,"