Website DP3AP2KB Sumatera Barat e-mail : dpppa@sumbarprov.go.id
Pengumuman

PHI ke 93 Tahun 2021 Tk. Prov.Sumbar di Kota Sawahlunto # Tema Perempuan Berdaya Indonesia Majua


21 Desember 2021 12:59:49 WIB
109 Hits
PHI ke 93 Tahun 2021 Tk. Prov.Sumbar di Kota Sawahlunto # Tema Perempuan Berdaya Indonesia Majua

PHI ke 93 Tahun 2021 Tk. Prov.Sumbar di Kota Sawahlunto # Tema Perempuan Berdaya Indonesia Majua

Peringatan Hari Ibu Ke 93 Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kota Sawahlunto
Tema : ## Perempuan Berdaya Indonesia Maju ##

DP3AP2KB Prov. Sumbar ( Kota Sawahlunto)
Pelaksanaan Peringatan PHI ke 93 Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sumatera Barat dan Wisuda SILO dilaksanakan di Kota Sawahlunto, yang acara puncak bertempat di Hall PT. Bukit Asam, Kota Sawahlunto, pada tanggal 20 Desember 2021.

Upacara Peringantan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021, selaku Inspektur Upcara adalah Bpk. Gubernur Sumatera Barat yang diwakili  oleh Bapak Walikota Sawahlunto.

Acara PHI ke 93 tahun 2021, turut hadir Ibu Gubernur Sumbar, Ibu Walikota Sawahlunto, Bapak Wakil Walikota beserta Ibu,  Ketua/Anggota DPRD Kota Sawahlunto, Forkopimda Kota Sawahlunto, Ketua TP PKK Provinsi, Ketua BKOW Provinsi, Ketua DWP Provinsi, Ketua Forkomwil, Sekda Kota Sawahlunto, Kepala DP3AP2KB Prov, Kadis Kab/Kota menangani Urusan PP dan PA, Kadis Sosial PMDPPA Sawahlunto dan OPD lingkup Kota Sawahlunto, Camat dan organisasi perempuan kota sawahlunto dan juga hadir sebagai peserta Online, serta para Wisuda SILO dan para suami pendamping wisudawan SILO. Dan para undangan.

Beberapa rangkaian kegiatan pada hari puncak ini dilaksanakan.
- Pembacaan Sejarah Singkat Hari Ibu
- Mendengarkan Lagu Indonesia Raya  dan Hymne Hari Ibu
- Mengheningkan Cipta
- Pembacaan Naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara
- Pembacaan Naskah Pembukaan UUD 1945
- Pembacaan doa
-     Penyerahan Penghargaan :
- Penyerahan penghargaan Bunda PAUD terbaik tingkat Provinsi Sumbar (Oleh Bunda Paud Prov. Sumbar kepada Bunda Paud Kota Sawahlunto
- Penyerahan Penghargaan Kelompok PEP Tingkat Provinsi Sumbar (Gubernur Sumbar di wakili Plt Kepala DP3AP2KB Prov. Sumbar kepada Kadis PPPA Kab/Kota )
• Kelompok Industri Rumahan Mandiri, Kec. Canduang Kab. Agam
• Kelompok Mawar dan Seroja, Kec. Kinali, Kab. Pasaman Barat
• Kelompok Perempuan Berdaya dan Tangguh, Kec. Padang Timur Kota Padang
- Penyerahan penghargaan Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi (Diserahkan oleh Walikota Sawahlunto kepada Kader Posyandu)
• Kabupaten Tanah Datar
• Kota Sawahlunto
- Penyerahan penghargaan Desa terbaik pelaksanaan SILO
-  Wisuda SILO ( Sekolah Istri Teladan Sawahlunto).

Hari Ibu yang diperingati setiap tanggal 22 Desember merupakan bentuk pengakuan serta penghargaan atas perjuangan perempuan Indonesia dari masa ke masa juga merupakan momentum untuk mendorong perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dan setara kedudukannya.

Tema Peringatan Hari Ibu Ke-93 “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju, harapan dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki-laki pada setiap aspek kehidupan baik di dalam keluarga, masyarakat, maupun bangsa dan negara untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan berkeadilan serta terwujudnya ketahanan keluarga. 

SILO adalah inisiasi program sangat baik dalam menguatkan institusi keluarga, memberikan edukasi kepada para istri/ibu menjadi keluarga yang kuat dan kokoh ditengah masyarakat. Alasan : istri bukan berarti sosok ayah tidak berperan penting bagi keluarga tetapi istri memiliki peran strategis, memiliki waktu lebih banyak di rumah  bersama anak sehingga pengasuhan dalam keluarga berjalan dengan baik.

Untuk itu, apresiasi kepada Pemerintah Kota Sawahlunto telah berinovasi menghadirkan Program SILO. Dimana kegiatan pembelajaran bagi perempuan yang sudah menikah dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan baik dalam peran asasi dalam keluarga maupun dalam peran social masyarakat.

Melalui Peringatan Hari Ibu ke-93 tahun 2021 ini, berharap dapat merayakan berbagai kemajuan yang berhasil diraih oleh perempuan, sekaligus mengingat bahwa perjuangan masih panjang dan harus terus dilanjutkan. Dengan jumlah perempuan yang mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia, kemajuan perempuan tentunya akan menjadi kemajuan bangsa sehingga perjuangan mencapainya menjadi kewajiban semua pihak pula. Maka, kita semua, baik perempuan maupun laki-laki, harus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan. Selamat Hari Ibu, perempuan-perempuan Indonesia.   “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”